Pengertian Remastered, Extended, Unrated, Directors Cut, Limited, Resync, Pvrip, Proper, dan Versi Rilis Film Lainnya

Pengertian Remastered, Extended, Unrated, Directors Cut, Limited, Resync, Pvrip, Proper, dan Versi Rilis Film Lainnya

Bagi yang sering download film, pasti tidak asing dengan istilah-istilah seperti Remastered, Extended, Extended Cut, Limited, Directurs cut (DC), Unrated, Uncut atau Unrated Cut, Pvrip, dan Resync. Atau istilah versi film lainnya seperti Proper, Theatrical Version, Uncorked dan Final Cut.

Misalnya melihat tulisan di sebuah situs streaming dan download film yang berjudul It: Chapter 2 (2019) Extended BluRay 720p 999MB. Atau Dua Garis Biru (2019) Unrated WEB-DL 720p 850MB.

Biasanya istilah yang ditandai pada judul film tersebut terlalu sering diabaikan oleh penikmat film gratis. Padahal, istilah-istilah itu juga menjadi bagian penting dari film, baik dari sisi kualitas dan durasi film. Nah, biar seru, alangkah baiknya kamu ketahui pengertian macam-macam versi rilis berikut ini.

Pengertian Macam-macam Versi Rilis Film: Remastered, Extended, Extended Cut, Limited, Unrated, Unrated Cut, Directurs cut (DC), Uncut atau Pvrip, Resync, Proper, Theatrical Version, Uncorked dan Final Cut

1. Remastered

Remastered maksudnya film diperbaiki kualitas gambar dan audionya. Biasanya film yang mendapat sentuhan remastered adalah film-film jadul, yang tampilan gambarnya jelek, goyang-goyang, suaranya kayak pakai megaphone. Tujuannya biar lebih modern dan nyaman ditonton lagi oleh orang-orang zaman now.

2. Extended (Extended Cut)

Extended adalah istilah untuk film yang dirilis dengan durasi lebih panjang dari sebelumnya. Adegan kurang penting yang dipotong pada rilisan sebelumnya, biasanya akan ditambahkan pada rilisan film versi Extended ini.

3. Limited

Limited cut merupakan edisi rilisan film yang sangat terbatas. Film-film dengan label Limited hanya ditayangkan pada bioskop-bioskop tertentu. Rilisan film Limited Cut biasanya dimuat dalam bentuk DVD atau BluRay.

4. Unrated (Unrated Cut)

Unrated cut adalah film yang menampilkan berbagai adegan yang mengandung unsur kekerasan berlebihan, porn0 atau s3x, serta tayangan adegan yang menjijikkan. Dalam pengertian lain, film versi Unrated cut ini adalah film yang tidak di sensor sama sekali. Atau versi rilisan film yang belum di sensor oleh MPAA (G,PG,R,dll.).

5. Uncut

Film dengan rilisan Uncut sebetulnya sama saja dengan film Unrated cut. Yaitu jenis rilisan film yang tidak atau belum di sensor (biasanya DVD). Dalam rilisan film Uncut, kamu harus kuat menonton adegan kekerasan yang berlebihan dan menjijikan, serta adegan yang membuat bulu kuduk tegak berdiri.

6. Directurs Cut

Directus cut sama dengan rilisan film Extended. Bedanya, dalam rilisan film jenis ini, sutradara punya andil besar untuk memilih adegan-adegan yang akan atau tidak dimasukkan dalam versi sebelumnya. Pastinya, versi film Directurs cut akan lebih panjang dari rilisan film sebelumnya.

7. Pvrip

Pvrip sebetulnya adalah film-film yang sumbernya dimabli dari saluran khusus. Misalnya, screen tv yang direkam ke PVR atau DVD Recorder, serta sumber lainnya.

8. Resync

Istilah rilisan film Resync lebih kepada kebergunaan subtitle. Yaitu suatu upaya untuk menjadikan subtitle film agar timing-nya pas, dengan bantuan software.

9. Proper

Proper ini lebih identik ke para kalangan pembajak film yang merilis film versi TS (Telesync) atau kualitas TS. Dalam pengertian lain, rilisan film versi Proper ini adalah versi terbaik dari rilisan film kualitas TS, dibanding yang lainnya.

10. Theatrical Version

Rilisan film versi Theatrical Version ini sama persis dengan yang ditayangkan di bioskop-bioskop. Tidak ada yang dipotong atau ditambah adeganya.

11. Uncorked

Film dengan rilisan Uncorked sebetulnya sama dengan versi Unrated. Hanya saja, versi ini dikhususkan untuk Theatrical.

12. Alternate Cut

Alternate Cut merupakan potongan-potongan adegan alternatif yang sudah diedit (biasanya juga belum di edit sempurna), namun tidak dimasukkan ke dalam film dengan alasan tertentu. Namanya juga alternatif. Biasanya kamu akan menjumpai rilisan Aternate Cut ini di Youtube. Contonya Alternate Cut Siperman: Far from Home.

12. Final Cut

Versi rilisan Final Cut ialah film dengan hasil edit terakhir, sudah disetujui oleh sutradara dan produser filmnya.

Konklusi

Itulah pengertian macam-macam istilah versi rilisan film. Mulai dari Remastered, Extended, Extended Cut, Limited, Unrated, Unrated Cut, Directurs cut (DC), Uncut atau Pvrip, Resync, Proper, Theatrical Version, Uncorked, Alternate Cut dan Final Cut.

Masih ada lagi istilah rilisan film yang lainnya, terkait kualitas gambar dan audio di film. Seperti film dengan kualitas cam, HDcam, HDTV, TS, DVD-Rip, WEB-HD, WEB-DL, BluRay 720p, BluRay 1080p, dan lainnya. Kita akan coba bahas pada tulisan selanjutnya.